Bangladesh Selamatkan 382 Warga Rohingya yang Terombang-ambing di Laut 2 Bulan


Penjaga pantai Bangladesh berhasil menyelamatkan setidaknya 382 pengungsi Rohingya yang kelaparan di atas kapal besar di perairan teritorial setelah hampir dua bulan terombang-ambing di laut.

Juru bicara operasi penyelamatan, Letnan Shah Zia Rahman, mengatakan, keberadaan kapal itu telah dicari selama tiga hari oleh petugas.

"Kami telah menyelamatkan setidaknya 382 Rohingya dari kapal pukat ikan besar yang penuh sesak dan membawa mereka ke pantai dekat (kota pesisir) Teknaf. Mereka kelaparan," kata Rahman seraya menambahkan lebih dari 30 orang tewas di kapal itu, dilansir AFP, Kamis (16/4).

"Mereka mengambang selama 58 hari. Dan selama tujuh hari terakhir itu bergerak di perairan wilayah kita," imbuhnya.

Pengungsi Rohingya yang diperkirakan berasal dari kamp-kamp pengungsi di pantai tenggara Bangladesh berniat menuju Malaysia, tetapi berbalik arah ketika negara itu menerapkan patroli pantai yang ketat karena pandemi virus corona.

Rahman mengatakan, pihak berwenang akan menyelidiki kemungkinan para pengungsi itu juga bisa berasal dari Rakhine, Myanmar.

"Sebanyak 32 Rohingya tewas di kapal pukat yang penuh sesak dan tubuh mereka dilemparkan ke laut," kata pejabat itu, seraya menjelaskan penyelidikan atas masalah itu sedang berlangsung.

"Kami telah menutup tempat mereka mendarat. Kami tidak dapat menanyai mereka karena takut mereka dapat terinfeksi virus corona," imbuhnya.

Seorang administrator pemerintah setempat mengatakan, para pejabat masih menghitung pengungsi di kapal yang berhasil diselamatkan. Tetapi, ia memperkirakan jumlahnya bisa melebihi 400 orang.

Hampir satu juta orang Rohingya tinggal di kamp-kamp kumuh di dekat perbatasan Bangladesh dengan Myanmar. Banyak yang melarikan diri setelah penumpasan militer Myanmar yang brutal terhadap muslim minoritas Rohingya sejak 2017.

Ribuan pengungsi telah berupaya menjangkau negara-negara lain seperti Malaysia dan Thailand.

Sejak akhir tahun lalu, lembaga penegak hukum Bangladesh telah menyelamatkan sekitar 1.000 pengungsi Rohingya dari desa-desa pesisir dan kapal-kapal ketika mereka menunggu untuk naik kapal menuju Malaysia.

Sumber.kumparanNEWS

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bangladesh Selamatkan 382 Warga Rohingya yang Terombang-ambing di Laut 2 Bulan"

Post a Comment